Beda backpack untuk laptop dengan outdoor


Ini sharing aja perbedaan antara backpack untuk laptop dan untuk outdoor. Keduanya secara prinsip beda kegunaan. Untuk laptop, biasanya backpack didesain hanya mampu membawa barang <7 kg (rata-rata berat laptop 3.5kg plus lain2nya). Bentuk desain juga ada semacam padding di tengah untuk mengatasi guncangan. Jadi ada strap menahan pergerakkan yang seukuran lebar laptop. Di bagian spek-nya biasanya ada ukuran layar inch yang bisa muat. Paling umum sekitar 13-15inc. Jadi backpack laptop lebih ke berat ketimbang isi.

Sedang daypack outdoor, dirancang memang buat bawaan ringan. Ngga ada buat laptop atau business. Ada kantong2 untuk bawaan seperti botol minuman (spt jaring) atau tampungan minum untuk camel bag (sistem sedot). Kapasitasnya juga cuma 25-35liter saja. Ngga ribet banyak strap. Tanda lain biasanya sih daypack itu ngga pake pengikat pinggang yang gede. Paling cuma strap ringan.

Secara teknis backpack/daypack untuk outdoor lebih kuat (kalau yang bagus lha ya). Karena dirancang tahan cuaca dan tahan situasi luar. Sedang backpack laptop sih cuma enak manggulnya aja, distribusi beban ke dua bahu daripada cuma dicangklong.

Tapi kalau kepepet daypack outdoor juga bisa dipakai bawa laptop. Cuma harus ditambahkan strap mengikat. Ini saya jahit di daypack saya. Ngga susah kok, kan ada yang jual strapnya di luar.

Contoh disini : yang biru adalah backpack Targus untuk laptop dan yang merah Janspsort untuk daypack outdoor.

Comments