Sumber informasi untuk memantau Flu Endemik H1N1



Karena banyaknya pertanyaan tentang pendemik global flu H1N1 berikut perkembangan terakhir, mungkin sumber informasi dibawah ini bisa membantu memantau situasi.

1. World Health Organisation (WHO) mendedikasikan penuh untuk memberikan updates terbaru, yakni perkembangan jumlah penderita/korban meninggal. Disitu juga ada peta yang bisa diunduh untuk melihat penyebarannya. WHO juga bisa diikuti melalui Twitter di http://twitter.com/whonews

2. Buatlah 'berita waspada' dengan menggunakan Google News Alert. Gunakan kata kunci "swine flu" atau "H1N1". Gnews akan mengirimkan perkembangan berita dengan mengirim pada email anda atau per RSS Feed. Untuk set silakan kesini

3. Cek lembaga seperti CDC (Center for Disease Control and Preventation). Disana terdapat informasi warning tentang travel dan tingkatan/level dari kondisi endemic flu berikut perkembangan secara global. CDC meneyediakan penjelasan lengkap dari apa saja yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah perjalanan. Walaupun konteksnya adalah negara USA tetapi info disana sangat bermanfaat. CDC juga mendedikasikan khusus untuk para traveller termasuk pada pelaku industri penerbangan untuk mengenali penderita flu yakni disini

4. Menggunakan Peta Kondisi di Health Map berisi berbagai endemik yang terjadi di dunia. Silakan pilih misalnya hanya ingin melihat H1N1 dengan mengklik pilihan. Peta ini menyajikan cukup lengkap sumber data baik endemik manusia ataupun hewan atau kombinasi.

5. Semenjak 16 Juli 2009, WHO menghentikan perhitungan jumlah korban tetapi tidak menghentikan memonitor kondisi. Walau begitu mereka tetap updates situasi terakhir. Guardian (koran dari UK) Datastore memberikan interaktif peta dan data dengan tetap meneruskan perhitungan dari sumber bisa dipercaya (terdapat beberapa caveats -prekondisi yang dijelaskan disana). Twitter disini

6. Carilah sumber berita lokal pada destinasi yang direncakan. Misalnya, anda hendak ke Malaysia atau Singapura cari sumber/kantor berita sana. Gunakan Google News Regional Malaysia (catatan : Indonesia dan Thailand ngga ada, tetapi coba kata kunci dengan nama negara).

7.Jika anda menuju negara tadi dengan pesawat, coba dilihat situs maskapai. Beberapa maskapai seperti Malaysia Airlines atau Singapore Airlines memberikan alert atau important notice bentuknya tautan kecil sebaris tapi dihalaman muka yang memberikan links (tautan) untuk ditindak lanjuti. IATA (International Air Transport Association) juga memberikan penjelasan lengkap disini dengan pertanyaan dan jawaban yang bisa diunduh pdf. Atau bisa dibaca halaman khusus untuk traveler disini.

8. Untuk kondisi terakhir endemik flu H1N1 di Indonesia, silakan buka di situs Departemen Kesehatan RI di halaman muka yang terus diupdate.
Have safe journey!


Sumber Mashable dengan tambahan pribadi.

Comments

dtt8u8q8c7 said…
With increasingly applications of multi-material 3D printing, the prices of day by day life and high know-how development will turn into inevitably decrease. The MakerBot SKETCH Large has been extensively examined for system reliability, subsystem, and print high quality testing. With SKETCH Large's enclosed chamber, heated build plate, built-in particulate best mittens for men filter, and material sensors, educators can print massive projects with peace of mind. Isabel Sanz, enterprise development supervisor for the AMS area for HP Inc., says the Jet Fusion 5200 and 5210 fashions from HP are good for 3D printing connector holders.