Prosedur GST Refund di Bandara Changi Singapura


Pajak atau GST di Singapura adalah sebesar 7% dikenakan pada semua barang/services yang dibeli di negara itu. Karena status kita sebagai turis maka, pajak ini akan dibayarkan kembali (refund) jika nilai transaksi lebih dari S$100 satu transaksi atau akumulasi dari 3 nota pada hari yang sama di toko yang sama, ketika akan meninggalkan negeri itu. Batas untuk mengklaim pajak ini adalah 2 bulan dari tanggal pembelian. Untuk ini ada caranya, bisa dibaca di informasi bagian Bea Cukai Singapura atau Singapore Customs.

Prosedur klaim refund GST berdasar pengalaman aja :


  1. Kalau beli barang, tanyakan minta nota "GST Refund" kepada bagian kasirnya sebelum membayar. Dia kemudian akan ngeprint nota yang sedikit beda yakni lebih panjang dan lengkap. Simpan sampai ketika akan pulang.
  2. Ketika sampai di bandara Changi & Seletar (catatan : refund ini ngga berlaku buat yg make ferry dari batam), cari tanda lokasi GST Refund. Kalau bawa barang yang mau dimasukkin bagasi (misalnya gede), klaim pajak ini sebelum check in. Soalnya nih oleh petugas bea cukai suka dicek barangnya. Ntar kalau mau klaim dah check in biasanya ditolak karena bukti ngga ada walau notanya ada. Karena kita belum check in maka tunjukkan tiket pesawat pulang. Ada juga loket GST Refund setelah melalui pintu imigrasi, jadi jika barang tadi dijinjing masuk pesawat, tinggal menunjukkan boarding pass (yang berarti kita telah checkin). Secara lengkap bisa dilihat disini.
  3. Isi semua info di nota yang diberikan kasir, biasanya berupa nama, no passport, tanggal datang & pulang.
  4. Masuk ke loket dan serahkan semua nota yang udah dilengkapi. Petugas bakal melihat nota dan ngecek. Jika diminta menunjukkan barang satu persatu yah ditunjukkan aja. Kalau udah sempat dibuka, bilang aja udah dibuka atau udah kepake sebentar.
  5. Jika petugas oke, nanti nilai pajak akan diakumulasi berdasar nota2 tadi. Ohya catatan, untuk toko2 yang berpartisipasi memproduksi nota GST refund, ternyata kita dimintai fee admin. Biasanya sekitar S$2.50. Jadi kalau besaran refund ngga sama dengan itungan kasar 7% tadi, kemungkinan karena toko udah motong duluan.
  6. Petugas akan memberikan refund berupa kes kepada kita sebagai pengembalian GST tadi. Catatan : ada beberapa toko yang melakukan proses ini secara langsung, misalnya Mustafa (letak GST di bagian paling bawah B2). Jadi refund dikirim melalui bentuk cek ke alamat kita di Indonesia.

Comments