Town Hall Meeting 2 : biar ngga kalah sama Flyladies



Tepat pukul tujuh acara dibuka. Perkenalan dari Matt yang berisi ucapan selamat datang. Saya lihat kanan kiri kawan moderator yang sebagian udah senior (well...tergantung sih mo dilihat setengah tua atau setengah muda he he he..). Kesan saya kok serius banget sih.

Sebenarnya ini adalah Town Hall yang kedua diadakan di Sunnyvale. Dalam beberapa bulan terakhir yahoo mengadakan acara yang sama di beberapa kota US seperti Chicago, Portland, Atlanta dan Los Angeles. Idenya sendiri adalah untuk mendapatkan masukan langsung dari moderator.

Setelah perkenalan, Matt lantas memberikan video presentasi beberapa groups yang mempunyai dinamisme tinggi. Ada group yang pure hobi seperti responsible coffee hingga group alumni sekolah. Juga disebutkan perjalanan Yahoo Groups sendiri yang hampir sepuluh tahun. (yah walau sedikit banget perkembangannya so far).

Tercatat secara global ada 9 juta groups di yahoo. Dari sekian itu ada satu yang rupanya menarik perhatian yakni Flyladies. Anggota grupnya berjumlah 500ribu, tersebar di 53 negara. Mo tahu ini grup tentang apa? yups jangan pingsan yah, ternyata ini adalah grup perempuan untuk self-organize dan tips membersihkan rumah! Si moderator atau pendiri grup ini Marla Cilley bahkan diundang untuk memberikan kesan tentang grupnya. Dengan menenteng trade mark sulak (baca : pembersih meja) dia menyampaikan dengan penuh antusias. Ohya Marla sendiri menerbitkan buku Body Clutter : Love Your Body, Love Yourself sebagai salah satu NY Times Best Seller. Isinya? he he he apalagi klo bukan bersih2 rumah sambil diet (indeed, 63% orang Amerika tercatat overweight). Mottonya yang terkenal : Are you living in CHAOS? (Can't Have Anyone Over Syndrome) membuat saya terbujuk pengen gabung grupnya.

Kemudian Manajer Yahoo Groups memperkenalkan diri. Leonard ini memberikan beberapa contekan apa aja yang akan ditampilkan di tahun 2009. Perubahan besar yang nampak adalah perbaikan di tiga bidang yakni Contents, Customisation/Control dan bagaimana Growing the Group. Dari ketiganya Contents menduduki perhatian utama dengan penambahan aplikasi berupa Grouplets seperti People Map (lokasi anggota), Jobs (menampilkan iklan lowongan kerjaan) dan atau Classified (iklan). Fungsi ini udah mulai diperkenalkan tepat pada hari Kamis (23 Oct 08) lalu, dalam bentuk Beta. Diluncurkan beberapa jam sebelum Town Hall ini. Sayangnya masih mretheli atau belum integral dengan Groups yang udah ada.

Beberapa hari sebelumnya juga ditampilkan Yahoo Profile Beta. Dulunya sih cuma sederhana, tapi sekarang udah dibuat lebih advanced. Walau sesungguhnya adalah turunan dari Yahoo360 yang sekarang sudah almarhum.

Ada permasalahan besar yang saat ini masih susah ditanggulangi yakni fake identity dan spamming. Dua hal ini memang bikin para moderator pecah kepala. Hampir semua pertanyaan yang diajukan kepada tim yahoo (ditambah Carl Tanner -Senior Manajer Customer Experience alias Ketua CS-nya) ini berkutat pada bagaimana melawan membanjirnya spam (yups perbincangan tentang grouply yang sekarang dedengkot nyepam).

Beberapa hal yang dijanjikan yahoo seperti penambahan storage dari 100MB (hari geneeee..nyimpen berapa poto yaks) ke 100GB adalah cukup menyegarkan. Leonard juga menjanjikan akan dibuat lebih interaktif seperti adanya feeds untuk apa aja yang sedang diobrolin di milis.

Dari pertanyaan para moderator saya menangkap bahwa masih segudang persoalan kecil yang perlu dibenahi. Isu penting seperti perbaikan sistem email sepertinya masih kurang terkejar. Begitu banyaknya keinginan (seperti embeded dengan youtube, YM, website, lebih wiki friendly) menunjukkan perlu dibenahi sistem yang saat ini ada sebelum menerapkan aplikasi baru.Emang penyakitnya yahoo, suka bikin aplikasi baru trus dibiarkan saja tanpa ada maintainance. Adakah yang tahu Shine atau OMG? kalau ngga berarti samaa duong. He he he...

Di akhir acara barulah saya bisa mengenali Jami. Cewek ini saban minggu membuat posting di blog tentang perkembangan tim. Tugasnya malem itu ternyata mengundi kartu. Yang beruntung dapet goodie bag. Yah emang dasar ngga hoki, cuman dapet kenyang sate aja.

Begitu menginjak kaki keluar saya sedikit optimis. Saya tidak meragukan tim yahoo membangun Groups ini lebih serius. Hanya saya masih belum melihat masa depan seperti integrasi dan interaktivitas. Hal yang sangat mendasar dalam menembus persaingan kedepan. Apakah Groups akan bertahan diterjang jejaring social saya tidak tahu. Ada wilayah yang sebenarnya lebih nyaman karena Groups bersifat imel saja. Ada niche yang masih bisa diolah.

(selesai)

Links :

Photos bisa dilihat disini : (sori kagak ada photo saya, kalah ganteng
sama jess) di Flickr Town Hall Sunnyvale 2008


Berikut adalah sumber Yahoo Groups :
Moderator Central
: groups berisi kabar terbaru
Groups Team Blog : lebih extensif tentang perkembangan isu
Product Suggestion Board : jika pengen mengajukan usulan tentang Yahoo
Groups Messeges Boards : forum untuk minta tolong sesama moderator

Comments