Town Hall Meeting 1 : ini toh markasnya yahoo..


Sore, menjelang sunset. (tersesat, saya mengutuk diri sendiri karena ngga checking peta dan bersyukur ada peta kertas).

Yang saya ingat kantor Yahoo terletak dekat lapangan udara militer Moffet, berbatasan dengan Lockheed Martin dan NASA Ames, dua lembaga riset yang mengkhususkan pada hightech. Saya pernah dua kali lewat, satunya karena ngepit di belakang kantor Yahoo yang menghubungkan Alviso - Guadalupe -
Shoreline. Dulunya jalur memanjang ini adalah untuk buangan sampah, namun kemudian dirubah menjadi sistem kanal terusan dan perlindungan binatang liar. Kalau ngepit disini siap2 menikmati 'keharuman' air laut yang tercampur mineral.

Ternyata memakai gps belum tentu bisa (baru saya sadari alamat yahoo ini masuk wilayah militer, jadi belum masuk peta mesin saya). Markas yahoo di Sunnyvale ini sangat strategis. Selain gampang diakses dari San Francisco, juga cuma 25 menit dari San Jose. Sillicon Valley lebih terkenal sebutannya, plus lokasi masing2. Apple di Cupertino, Google di Palo Alto, Adobe dan Ebay di San Jose. Walau sepertinya jauh ternyata cuma berjarak beberapa kilo saja. Bagi yang membaca sejarah Sillicon Valley, tempat ini dimulai dengan Hewlett-Packard hingga muncul Microsoft dan perusahaan chips lainnya. Kalau pengen tahu lebih dalam sejarah Silicon Valley berkunjunglah ke Computer Museum History, yang letaknya bersebelahan dengan kantor Microsoft di Mountain View. (saya kesana ngepit juga, jadi secara geografis ya cuma 40 menitan sepeda santai).

Gedung Yahoo ada beberapa dalam satu kompleks. Letaknya nyempil. Ya situ2 saja. Saya hitung ada lima. Jadi pantas sekali kalau Jami, si pengundang mengirim imel berikut instruksi lengkap. Gedung sebelah mana, masuk lewat mana, parkir dimana, naik lift pencet tombol apa, ruang sebelah mana. Walah segitunyah...

Untunglah ada penunjuk balon warna ungu dan putih. Ungu? ah ya September lalu yahoo meluncurkan imej baru yang lebih hip dan fungky yakni Start Wearing Purple. So official color identity yahoo sekarang adalah si ungu :)

Gedung yang saya tuju ini bentuknya seperti L dengan kaca hijau yang nampak di kejauhan. Walau hanya 4 lantai tapi cukup mendominasi sekitarnya. Sesuai petunjuk saya mengikuti dengan santun. Lapor penjaga, parkir di lantai paling atas, kemudian masuk gedung C yang ternyata membawa saya ke kantin yang ukurannya luas banget. Acara Town Hall Meeting ini dirancang informal, jadi pas banget kalau di kantin he he he...Karena udah sore, sebagian besar
pekerja yahoo sudah pulang. Jadi kantin selayaknya seperti ditinggalkan. Hanya di sudutnya terdapat panggung kecil, dengan layar TV. Hmm bakalan ada presentasi juga nih.

Begitu datang saya disambut cewek cakep dikasih macem2 di bagian registrasi. Dari kuesioner hingga buku catatan. Melihat makanan terhidang, saya sikat dulu. Ada sate ayam ditambah kecap encer dikasih daun mint. Lha kok ada kue dikasih pernik-pernik ungu. Ck ck ck...

Sambil makan saya ngobrol dengan sesama moderator yang datang duluan dan beberapa staf yahoo. Saya incer engineer, tapi malah dengan Annie yang mendesain UI (user interface) di yahoogroups. Disusul Jess yang mengerjakan tampilan baru yahoo groups. Dia ngga mau membocorkan apa aja yang bakal disampaikan bos-nya Leonard. Sekalian saya sampaikan beberapa butir usulan feedback. Seorang moderator samping saya ternyata datang dari India. Kebetulan sedang mampir di Bay Area katanya. Groupnya ini mungkin sama umurnya dengan yahoo, yakni berdiri sejak 1998.

Ada sekitar 40 orang yang bekerja penuh membenahi yahoo groups, tapi hanya dua orang yang sering berkomunikasi. Yakni Jami dan Leonard. Itupun dimulai sekitar setahun lalu. Jadi saya berharap besar bisa mengetahui jeroan di dalam yahoo, apa aja yang mereka kerjakan, paling tidak diberi contekan tentang visi mereka kedepan.



Links :
Kampanye Ungu
Blog update Tim Yahoo Groups
Computer History Museum

Comments