Direktori Low Cost Airlines Asia Pacific per Juli 2008

Updates Berita Low Cost Airlines Asia :

1. Aero Asia International, budget flight dari Pakistan dilarang terbang karena gagal mencapai standar keamanan sejak May 2007.
2. Oasis Hongkong dalam proses likuidasi per 11 Juni 2008. Berita selengkapnya di http://www.oasishongkong.com/
3. Pacific Airlines yang beroperasi di Vietnam ternyata dibeli oleh Jetstar (joint) dan berganti nama menjadi Jetstar Pacific. Jetstar sendiri adalah anak dari Qantas dengan menanam saham 18%.
4. Freedom Air yang melayani penerbangan murah Australia-NZ berhenti beroperasi pada bulan Maret 2008 dan diambil alih oleh ibunya Air New Zealand.
5. FlyAirasiaXpress (FAX) diambil alih oleh MASwing (bagian dari Malaysia Airlines) untuk Sabah dan Serawak (based di Miri). Sedangkan AirAsia Kualalumpur mengkonsentrasikan pada AirAsia X yang berambisi menjadikan penerbangan hub menuju Eropa. Saat ini AirAsia X melayani KL-China (Hangzhou & Tianjin) juga KL- Australia (Gold Coast, Perth -
mulai November 2008).

Komentar Ambar :

Kaget juga membaca Oasis dilikuidasi padahal airlines ini yang diramalkan jadi saingan berat Airasia untuk rute ambisius Malaysia- UK. Agak ketar-ketir juga melihat masa depan low budget airlines apalagi kalau melihat harga minyak mentah yang naik (eh udah turun dikit ding..). Kita lihat saja apakah ambisi Airasia ini bisa kesampaian. Beberapa airlines budget di USA mulai membicarakan merger. Sedang di UK sendiri, gairah naik pesawat mulai berkurang, diganti naik kereta. Alasannya apalagi kalau bukan soal emisi karbon dan gaya hidup hijau. He he he...atau kembali era Hippies tahun 70'an pake Magic Bus nyebrang London ke India (http://www.magicbus.info/)


=====================================


INDIA

IndiGo
SpiceJet
Air Deccan
GoAir

INDONESIA
Lion Air
Indonesia AirAsia
Citilink Garuda Indonesia

JAPAN
(website in japanese, book by phone except Skymark)
Air Do
Skynet Asia Airways
Starflyer
Skymark Airlines

KOREA (website in korean)
Jeju Air
Hansung Air

MALAYSIA
AirAsia


PAKISTAN
Air Blue

PHILIPPINES
CEBU Pacific Air
Air Philippines

SINGAPORE
Jetstar Asia
Tiger Airways
Singapore AirAsia
Silkair Singapore Airways


THAILAND
One-Two-Go
Nok Air
Thai AirAsia
Bangkok Airways

VIETNAM
Jetstar Pacific


AUSTRALIA
Jetstar
Virgin Blue

NEW ZEALAND
Pacific Blue


Comments