Numpak Tabung Sowan Sang Ratu


Kalau ada kesempatan ronda ke London, saya selalu numpak Tube. Nama resminya sih Underground tapi orang lebih suka memanggilnya si tabung. Lah memang bentuknya seperti silinder. Sistem kereta bawah tanah ini tercatat paling tua di dunia, menunjukkan kejayaan Inggris era 'revolusi industri'. Cara membangunnya juga masih manual alias dipacul dan ditahan dengan batu-bata.

Karena terkesan tua, jadi sepertinya menakutkan. Padahal sebenarnya paling mengasyikkan. Seperti menyusuri bagian gelap dan tersembunyi. Ketemu karakter menarik. Bahkan kalau mau cobalah di saat sibuk, si tabung ini akan dipenuhi manusia2 kosmopolitan. Bicara dengan bahasa entah darimana.

Si Tabung ini lebih murah kalau dipakai untuk plesir sehari daripada naik turun bis. Kereta-nya pun juga yah lumayan-lah. Hal pertama yang patut diperhatikan adalah soal membaca peta kereta. Ini yang rada membingungkan bagi yang bukan anggota Anker (Anak Kreta). Makanya ilmu kasekten Jalan Kereta Api I dan II terbukti ampuh dipake disini.

Sebenarnya ngga sulit kok baca peta, yang jelas bawa peta kota juga. Nah keduanya tersedia FREE di stasiun2 terdekat. Bahkan ada yang ukuran pas di dompet. Enak toh.. Yang jelas jalur kereta dibagi dengan warna dan nama. Ah ya kalau njenengan pernah ngrasain MRT Singapura wes itu persis plek. Cuma yang membedakan adalah sistem tiketnya.


Tube memakai dua sistem yakni Travelcard (cara lama) atau dengan Oyster Card (cashcard). Travelcard didasarkan zona atau wilayah. Terbagi atas 1-9 zona dengan paling kecil adalah paling mahal. Taripnya juga kalau peak hour (jam sibuk) bisa membengkak. Sedang Oyster walau juga pake zona tapi bisa dipakai untuk ngebis, tram dan kereta jarak jauh. Oyster juga bisa dipakai menyimpan seperti Travelcard pay as you go. Makenya juga ngga dimasukkan ke mesin seperti Travelcard, tapi cukup di dekatkan scan aja ketika naik dan turun. Jadi gini aja deh : Oyster itu mencoba menggantikan peran Travelcard tapi belum kesampaian. He he he...itu karena begitu rumitnya sistem ticketing kereta di London saking banyaknya operator.

So mana yang mau dipakai yah. Itu terserah sampeyan. Kalau cuma beberapa hari saja, yah pake Oyster sesuai dengan jumlah duit. Biasanya minimum 7 hari. Belinya dimana? halah wong di stasiun juga ada, agen koran pojokan juga bisa. Internet, telpon, atau Information Centre (itu yang ada tanda 'i' gede di plang).

Jadi kalau mau sowan sang ratu, nengokin Harrods atau pengen membalik waktu seperti mbak Gwyneth Paltrow silakan dicoba si tabung ini.




Comments