Middle Earth 1 : Suatu tempat yang hanya ada danau dan gunung

Saya tidak tahu sebenarnya tahun baru akan dihabiskan dimana. Itinerary yang saya susun hanya kasar, kegiatan utama ditaruh di waktu tertentu. Penginapan juga tidak booking jauh hari. Begitu sampai di Franz Josef saya diberitahu staff Montrose Backpacker bahwa Queestown -kota yang akan saya lewati memakai peraturan unik di tahun baruan.

Mereka hanya bersedia menerima tamu yang booking. Jadinya ketika dipesankan sebuah tempat di Kinloch sekitar 26 jam dari Queenstown saya manut saja. Masih beruntung dapet tempat di musim ramai begini. Sebelumnya saya melewatkan tidur di dorm, sharing dengan 8 orang lainnya. Semalam NZ$25, bersih sekali dengan dapur dan toilet komunal. Saya bisa hemat banyak backpacking di NZ ini dengan memasak sendiri. Memilih hostel dengan fasilitas self catering. Lumayanlah...apalagi hostel selalu menyediakan piranti masak berikut kulkas untuk penyimpanan sementara.

Sejak dari Chriscurch - Hanmer Spring - Murchison - Greymouth - Westport saya gonta-ganti hostel. Tadinya saya memilih jaringan Youth Hostel Association (YHA), tapi dalam perjalanan saya sering memakai Budget Backpacking Hostel (BBH). Montrose misalnya, walau ngga ada di guide book tapi tersohor pelayanannya. Hari pertama di Franz Josef saya dapat dorm sharing dengan 4 orang lainnya (NZ$25). Hari kedua saya diberi ensuite kamar (NZ$80 berdua).

Dalam 6 hari terakhir hampir semua rencana berjalan lancar. Whitewater rafting di Buller River, Blackwater rafting di Murchison, Ice climbing di Franz Josef Glacier dan mencicip tebing Fox Glacier dan Mt Cook dari sisi West Coast. Pengalaman ice climbing yang kedua buat saya, yang tetap membuat pegel tangan dan babak belur dengkul. Namun melihat dari dekat bentukan glacier membuat saya menghormati petualangan Sir Ernest Sackleton 1915-1916 -kisah survival terhebat. Betapa berat bertahan hidup berbulan di lingkungan yang hanya air air air.

Malam ini menjelang tahun baru saya duduk di depan bara api di tepi danau Kinloch. Melihat bintang yang terang benderang di langit.. Bersyukur saya masih bisa melihatnya. Berharap lebih baik tahun depan. Selamat tahun baru 2008.



Comments