Cara Baru Membajak Konten Blog


Saya agak jengah. Salah satu tulisan saya 'dibuat sedemikian rupa' sehingga menjadi tulisan mirip. Ini bukan yang pertama tapi saya mengendus modus operandi pembajakan konten blog yang baru.

Tulisan saya dalam bahasa inggris, diangkat dari pengalaman saya naik pesawat SQ 777-300ER dari Taipei ke Singapore. Critanya sih tentang aplikasi baru di Kris World Entertainment yang menambah program Office dari Opensource dalam basis Linux.

Nah blog ini ternyata menterjemahkannya dalam bahasa Indonesia. Emang ngga banyak kok wong tiga paragraph saja. Cuma yang saya sorot adalah kealpaannya mencantumkan referensi tulisan asli dari ceritaambar.

Dalam dunia blogging, menulis referensi itu PENTING untuk memberi tahu pembaca asal usul tulisan. Jadi bukan hanya kopi pas tapi memberikan review/opini/komentar yang lebih dalam. So satu topik bisa dibicarakan 200 orang tapi saling berhubungan.

Saya menghargai sekali si pemilik blog yang susah payah menterjemahkannya. Saya pun masih berbaik sangka. Mungkin memang si admin kagak tau aturan blogging. Mungkin dia ngga tau apa gunanya fasilitas trackback atawa ping. Kalaupun ngga ada alangkah lebih baiknya meninggalkan jejak (ia menulis komen tapi tidak menyinggung ini). Hanya saja kok ya teteup masang photo saya juga gitu loh ....he he he.

Atau saya yang over reacting yah...


Comments