Nyebrang dari Singapura menuju Johor Bahru

Ada beberapa alternatif nyebrang dari Singapura ke JB, salah satunya dengan bis. Nyebrang dengan bis selain murah juga tersedia kapan saja (termasuk malem sebelum midnight). Dibandingkan dengan bayar taksi gelap yang bisa makan ongkos berlipat-lipat. Agaknya ngebis adalah lebih mudah dan terjangkau. Semua bis ini berakhir di Larkin JB Bus Station. Sedang taxi mungkin lebih enak jika kita berombongan dan bawa banyak barang. Keahlian menawar menjadi syarat utama untuk ambil taksi ini.

Berikut adalah moda angkutan yang lazim saya pakai :

Bis

1. SBS Transit No 170
Mangkal di Queen St Bus Station atau bus stop sepanjang Rochor Canal Rd (deket Sim Lim Square) . Bayar dengan kartu EZ-Link yakni dengan kartu transport yang ditap di mesin ketika naik dan turun. Ongkosnya S$1.60 dari pukul 5.20am-12.10am.

Bus-nya selalu ada tiap 10-15 menit, jadi jangan kuatir kehabisan. Untuk Bus SBS setelah sampe imigrasi checkpoint di Woodland, turun sambil ngetap kartu. Lantas pergi ke imigrasi kontrol. Setelah beres, turun tangga menuju stasiun bis. Naik lagi menuju imigrasi Malaysia yang jaraknya ngg ada 500m. Ngg perlu pakai bis yang sama seperti kita naik, pokoknya asal No 170. Setelah lewat imigrasi Malaysia, lagi2 nyari bis SBS dan akan diantar sampai Larkin/City Centre.

Ada dua tipe SBS yakni yang plat biru dan plat merah. Yang plat biru akan melewati Kranji MRT, sedang yang merah akan melewati Kranji dan Queen St. Perkiraan tempuh jika imigrasi lancar 30-40menit.

2. Singapore-Johor Express Coach
Bisnya agak tua, warna putih dengan tulisan merah. Mangkal di Queen St di Singapura. Udah ada sejak 6.30am-11.30pm dengan ongkos agak mahal dikit dari SBS yakni S$2.40. Beli tiketnya di terminal bis dan nantinya diberi tiket. Simpan tiket itu, jangan sampai hilang. Karena akan dipakai untuk naik turun bis melewati dua imigrasi. Caranya sama seperti SBS, jadi ngg perlu naik dengan bis yang sama. Frekuensi bis juga hampir tiap 10 menit.



3. Causeway Link (CW1 dan CW2)
Bus-nya warna kuning cerah, masih baru. Beroperasi dari Kranji MRT, sebelah luar untuk CW1, sedang yang CW2 mangkal di Queen St. Taripnya :
Imigrasi JB $0.8, nyampe kota Raya JB $1, Terminal Larkin $1.30. Kalau dengan CW2 yang langsung akan lebih mahal yakni $3. Beli tiket on spot, dengan cara mirip bus2 yang udah diatas. Tarip berlaku sama jika beli di Malaysia.

Taxi
Dari Queen St biasanya ada taksi gelap dari Malaysia. Tandanya : mobil biasa dengan plat JB. Kalau bisa nawar usahakan jangan lebih dari $40 (Kota Raya) atau $50 (Bandara Senai). Jadi bisa sharing dengan kawan sejalan. Lebih cepat menuju JB, disarankan bagi yang buru2 ngejar pesawat atau kereta.Taxi akan melalui pintu imigrasi khusus mobil pribadi dan kontrol paspornya lebih instan.

Untuk taxi Singapura hanya boleh beroperasi sampai pintu imigrasi, setelah itu ambil taksi Malaysia. Ini agak beresiko terutama harga bisa melonjak naik melihat faktor kebutuhan. Untuk taxi limusine bisa dipesandari bandara Senai. tapi jatuhnya mahal sekali, yakni RM150. Tapi ditanggung wus wus wus...bablas sampe Singapura dengan cepat. Perkiraan waktu tempuh <30menit.

Comments