Jejak Si Dino






































Saya tinggal di pantai selatan Inggris atau di wilayah Dorset, ngg jauh dari Wyke Regis yang terkenal di dunis sebagai Jurassic Coast. Iyah betul pantai ini bekas peninggalan jaman Jurassic ditandai dengan kekayaan peninggalan geologis. Jurassic Coast ini dinobatkan sebagai salah satu World Heritage Unesco di Inggris. Tempat2 lain yang kemungkinan mengandung nilai geologis adalah Durdle Door (foto album disini) dan Chesil Beach (foto disini)

Beberapa minggu lalu saya diajak jalan-jalan lagi. Kali ini ke sebuah penambangan batu Portland tak jauh dari rumah. Tapi karena jalan kaki yah lumayanlah bikin pegel. Nah di tambang ini saya bersama seorang ahli geologi lokal menunjukkan peninggalan kaki Dinosaurus. Anehnya jejak kaki ini dibiarkan saja tergeletak di sana tanpa ada upaya konservasi. Saya juga liat beberapa jejak sudah diambili orang untuk buah tangan.

Penemuan jejak ini juga secara kebetulan karena batu2 yang ditumpuk ini dulu dianggap enggak bisa dijual karena ada tanda 'aneh' . Akhirnya beberapa tahun lalu seseorang menyadari bahwa inilah jejak kaki si dino. Jangan dibayangkan seperti T-rex yang buas dan gede yah, karena ternyata kemungkinan dino ini adalah pemakan tanaman dengan besar seperti burung. Dugaan awalnya sih adalah sejenis leher panjang.

Ohya Jurassic Coach ini asyik banget kalau buat kemping dan trekking. Jadi kalau mau susur pantai atau coast to coast, ayuksss.....

Comments