Streets of London (part 1b)


Satu hal yang saya benci dan suka adalah jalanan di London. Benci karena begitu sibuknya dengan lalulintas berbagai macam kendaraan. Walaupun sistem-nya sudah cukup bagus tapi bukan berarti tidak ada kemacetan. Di London kemacetan adalah biasa, karena itu si walikota Ken Livingstone sejak 2001 mulai menerapkan Congestion Charge yakni kendaraan yang terjebak di jalan akan dikenai denda. Hiksss..

Yang saya suka adalah begitu tertatanya kota hingga memudahkan visitor untuk menjelajahi. Peta ada dimana-mana, pusat atraksi bisa dinikmati sembari jalan, terlihat pola yang jelas dari perencanaan tata kota yang disusun beratus tahun silam.

Minggu lalu saya sempatkan eksperiment street photography yakni memotret di jalanan. Maunya sih mem-foto orang, tapi untuk satu ini saya musti belajar banyak. Kebanyakan foto diambil sembari naik bis double decker. Saya tinggal duduk manis di depan menghadap kaca, sedang lainnya diambil ketika jalan. Ada beberapa yang unik seperti becak di London, anjuran untuk memakai sepeda ketimbang mobil dan sebuah peringatan di tembok : 'I Know I Have Lost' disebuah jalanan pinggiran sungai Thames ketika hendak menuju Shakeaspeare Globe. Dulu ini semacam jalan tembus tapi semenjak tiga tahun silam disulap menjadi kompleks perkantoran.

Taksi dan telephone box juga menjadi ciri khas London. Taksi tradisional ini biasanya berwarna hitam, tapi saya menemukan bermacam warna lengkap dengan ads di tubuhnya. Red telephone box dengan bentuk kotak unik adalah hasil design kompetisi di tahun 1921 dan tetap digunakan di City of London. Uniknya ada toilet di jalanan berderet dengan telephone untuk mengakomodasi pengunjung di musim turis. Cukup bayar koin dan pencet kemudian pintu terbuka. Udah tinggal masuk dan do your nature's call.

Saya tiba di London dengan kereta di Waterloo Train Station yang juga merupakan pintu gerbang Eurostar -kereta cepat menuju Eropa mainland (France, Belgium) melalui English Channel. Jadi kebayang sibuknya terutama melayani para komuter baik dari UK maupun Eropa.

Untuk lengkapnya silakan tengok disini : Multiply

Comments