National Wonder and UNESCO World Heritage



Pengen jalan tapi ngg dapet inspirasi. Hah...itu lagi menimpa saya. Hari ini saya browsing ke Kinokuniya sembari menjemput titipan buku seorang kawan. Saya menemukan buku 1001 Natural Wonder You Must See Before You Die karangan Michael Bright (executive producer BBC Natural History Unit). Yang saya cari tentunya Indonesia. Sebagai pembanding saya gunakan daftar Unesco World Heritage yang juga menampilkan natural site sebagai salah satu katagorinya. Hasilnya hmmm cukup mengejutkan. Dalam buku itu Indonesia dikalahkan oleh Thailand dengan cukup telak. Dengan skor 10:29 features padahal Unesco menempatkan Indonesia sebagai site terbanyak untuk wilayah Asean. Yah memang kita masih harus belajar banyak.

Tapi akhirnya saya kompilasi saja hasil keduanya untuk site Indonesia. Kebetulan saya lagi bermain dengan Google Earth BETA untuk Mac. Jadilah main-main sembari belajar geografi lagi. Berikut kompilasinya :

Indonesia Natural Wonder :
  1. Mount Merapi
  2. Gunung Rinjani
  3. Lake Toba
  4. Kerinci Seblat National Park
  5. Anak Krakatau
  6. Gunung Gede -Pangrango
  7. Gunung Agung
  8. Kawah Ijen
  9. Mount Bromo & Tengger Highlands
note : Komodo Island saya hilangkan karena masuk WH.

Indonesia World Heritage Site
  1. Borobudur Temple Compounds
  2. Komodo National Park
  3. Prambanan Temple Compounds
  4. Ujung Kulon National Park
  5. Sangiran Early Man Site
  6. Lorentz National Park
  7. Tropical Rainforest Heritage of Sumatra
Untuk file .kmz belum sempat saya upload ke website Navigasi Net. He he sayangnya Mas Buyung ngg nerima informasi luar Indonesia. Ayo kapan dibuat neh....

Comments

Anonymous said…
I know somebody tried to send comment but failed. Now the system in fully function. I am sorry for this inconvinience, please just drop me a massage about this.
Anonymous said…
ya.. salah satu orang yang gagal kirim itu adalah fansmu ini hehehehe....
Anonymous said…
buku itu sempet tak beli sblm balik ke bandung agustus 2005. buku ensiklopedia org yg suka jalan keliling dunia! mesti dimiliki tuh! *lho kok promosi aku iki..*

kawah ijen: dari bondowoso (my hometown) perlu 1 jam naik mobil sampe ke sempolan (kaki gunungnya). lalu perlu 3 jam jalan sampe ke puncak. selain ketemu tukang belerang yg naik-turun dg santai sambil bawa 50 - 60kg belerang di pikulan, kawah ijen punya panorama kawah yg lebih bagus dari bromo. skrg ada jalan dari kawah ijen yg nembus ke banyuwangi. jadi buat turis dari bali, gak perlu lagi mereka mampir bondowoso. tp bondowoso jadi gak banyak turis lagi :(
Anonymous said…
mas doel : sampeyan njuk mari ngene gak konoan maneh..
mas arief : iya mas pengen kesana, liat bukunya jadi ngiler pengen kmana-mana. Indonesia dulu deh...
Anonymous said…
He,..he..he..
Navigasi.net memang khusus hanya untuk wilayah Indonesia mbak. Karena saya percaya+yakin, banyak sekali kekayaan bangsa ini yang bisa di pamerkan ke orang lain setidaknya, ke bangsa sendiri. Nanti kalau saya open untuk luar negeri juga, malah kebanyakan objek wisata luar yang bakalan ada => itu mah di luar "aim" saya dalam mendirikan situs tersebut :D.
Anonymous said…
Iya mas Buyung setuju. Masih banyak tempat yang perlu digali di Indonesia. Tapi ngasi info untuk temen2 yang ingin jalan2 Asteng kan ngg ada ruginya. Apalagi klo info itu dalam bahasa Indonesia. Cheers dah !
Anonymous said…
:D
Kalau Asteng sepertinya bagian tugas situs indobackpacker.com, karena dia lebih "global player", dan cukup banyak sekali artikel yang menuliskan perjalan wisata yang non Indonesia. Yah,. kita saling bagi-bagi porsi aja deh;)
Anonymous said…
Mas Buyung, banyak wisatawan cari info indonesia merasa kesulitan terutama dari luar negeri. Pertama mungkin bahasa dan juga terbatasnya info. Tapi Navigasi net udah memasang multibahasa ya.... saluuuuut !
Anonymous said…
kalau ngg salah udah ada fasilitas automator untuk translate bahasa Inggris. Format Navigasi Net udah bagus kok Mas : ringkas dan padat info, ngg perlu bertele-tele. Wadoww bhs inggris saya juga masih belepotan, barusan translate artikel tentang Reinhold Messner saja kelabakan.