Tips : Merencanakan Travelling

Jika anda gemar jalan2 tapi menghendaki do-it-yourself maka tipe independent travelling adalah pilihan terbaik. Hanya saja butuh persiapan-persiapan dari menentukan tujuan hingga urusan visa. Berikut adalah workflow yang biasa saya gunakan :

1. Menentukan beberapa opsi destinasi.
Opsi ini bisa ambisi pribadi atau ajakan teman. Lakukan penggalian data tentang tempat2 itu baik lewat buku, internet ataupun print magazine. Jangan terlalu percaya dengan perjalanan orang lain, karena travelling adalah bersifat personal. Sesuatu yang sesuai dengan kepribadian kita.

2. Lantas tentukan apa yang bisa kita lakukan disana.
Mau shopping atau trekking? mau chill out atau suffering? Kadang kita tergoda untuk melakukan banyak aktivitas disana. Bisa jadi anda malah kolaps karena kehabisan tenaga. Pertimbangkan faktor cuaca, kondisi tubuh dan waktu yang tersedia.

3. Amati moda transportasi.
Ini agaknya yang penting bagi independent traveller karena jelas anda harus mengatur perpindahan dari lokasi satu ke lainnya. Panteng budget flight jika ada penawaran khusus. ZUJI bahkan memberikan personal guru untuk memantau jalur2 yang kita incar. Jangan ragu memakai publik transport seperti bis atau perahu. Temukan keasyikan berjejalan didalam bis atau menikmati pemandangan sepanjang sungai.

4. Menentukan rute.
Bila anda confident maka buat itinerary sendiri, bisa berupa round up atau loop. Apakah searah jarum jam atau berlawanan, bahkan random. Ini berhubungan dengan aktivitas dan leg transportasi. Apakah anda butuh tiket return atau oneway ?

5. Waspada dengan bahaya.
Ini biasa saya barengkan dengan riset negara tujuan. Travel advice dari FCO adalah rujukan untuk melihat situasi setempat. Kaitannya dengan ini adalah : travel asuransi dan vaksinasi. Bahaya seperti virus dan teroris merupakan ancaman terkini bagi traveller. Jika anda tipe 'die hard traveller' pastikan anda tahu musuh sebelum menghadapinya.

6. Cek travel dokumen.
Lihat apakah anda butuh paspor baru atau memerlukan visa. Negara Asean seperti Laos dan Cambodia tetap meminta visa bagi orang Indonesia. Visa bisa diperoleh on arrival (biasa di bandara/pintu masuk utama) atau di kedutaan negara yang bersangkutan. Beberapa negara Asia mensyaratkan paspor minimal berumur 3 bulan, sedang negara2 Amerika dan Eropa mensyaratkan 6 bulan. Jangan lupa membawa paspor lama, bila perlu jadikan satu dengan yang baru.

7. Tentang penginapan.
Untuk backpacker yang berpedoman bumi adalah rumah dan langit adalah atapnya maka ini bukan hal terpenting. Berjejer hostel, guesthouse klas melati siap menampung termasuk membantu aktivitas di lokasi. Prinsip : tidur dimanapun asal bisa kemana-mana. Note : special attention untuk family terutama bagi anak kecil dan bayi.

8. Last but not the least : be prepare for the unexpected !
Jangan berharap terlalu besar untuk perjalanan ini. Nikmati apa adanya. Pelajari kehidupan lokal, mengenal budaya dan bahasa setempat. Ok have a nice trip !

Comments