Review : Hangout@Mt. Emily Singapura


Jika pengen nginap di hostel Singapura yang lebih tenang dengan atmosphere backpacker yang tidak riuh coba saja di Hangout@Mt. Emily. Terpencil tapi bersahabat baik untuk backpackers ataupun keluarga, Hangouts memberikan kualitas yang tidak kalah dengan hotel bintang dua.

Karena alasan diatas saya memilih untuk sedikit kompensasi dengan kebutuhan. Tidak terlalu mahal, bersih dan kemudahan akses ke tempat-tempat yang jadi sasaran jalan. Alasan yang lain adalah udah bukan rahasia lagi kalau hotel murah (baca : jaringan hotel Singapura khususnya Geylang) adalah tempat yang remang. Daripada dianggep cem-macem, saya jauhkan dari wilayah ini.

Godaan untuk nginap di hostel backpacker di daerah Little India hampir membuat saya kembali kesana. Lah makanan halal banyak dan akses ke MRT mudah banget. Tapi kali ini saya pengen beda. Merasakan hostel yang menuntut sedikit jalan kaki menuju MRT.

Hangout@Mt. Emily (seterusnya disingkat Hangouts) letaknya di sebuah bukit dekat Mt. Emily Park. Jarak dari Orchard Rd dan Little India 10-15 menit jalan kaki. Soal jalan kaki, lebih menyenangkan di Singapura ketimbang di kota besar Indonesia. Dijamin teduh karena masih banyak pepohonan tinggi dan gede.

Ini karena salah satu kewajiban pihak pembangun di Singapura adalah menanami kembali pohon yang ada di site konstruksi. Jaangan heran kalau tengah malam ada trailer lewat dengan pohon diatasnya. Biasanya pohon diambil dan dirawat sementara di sebuah nursery hingga pembangunan selesai. So, kalau liat bangunan baru tapi pohonnya udah tua, ya itulah sebabnya.

Hangouts sebenarnya adalah bagian dari sebuah jaringan bisnis Cathay. Jadi mereka sengaja bikin hostel yang disubsidi. (well, namanya hotel tapi mereka mengasosiasikan bagian dari Hostel International-HI). Buat yang masih bingung antara hostel dan hotel, mungkin penjelasan dari Wiki disini bisa membantu.

Yang membedakan Hangouts dengan hostel lain adalah adanya kamar berbanyak (Rooms). Jadi maksimal satu kamar diisi 4 orang (quad) dengan pilihan dobel atau single bed plus kamar mandi didalam. Jadi serasa lebih private terutama yang belum pernah nyoba tipe asrama (dorm) ataupun bawa anak-anak. Di Hangouts juga tersedia dorm baik cowok-cewek only ataupun campur dengan tarip S$34-40 per orang (blun termasuk GST-pajak dll).

Tips : coba book lewat website Hangouts langsung, karena kemungkinan lebih murah dari harga yang terpampang dengan system promosi paket. Cuma sedikit ribet dengan menyertakan data seperti no. passport dan no. kartu kredit.

Selama saya tinggal, tidak ada keluhan berarti kecuali suara bangunan di samping (ini dijelaskan di website mereka). Untuk makan-pun dekat sekali dengan New Sophia food court, yang dengan jalan pintas cukup 3-5 menit. Kalau mau yang halal dan murah, pada arah menuju MRT Little India ada warung (hawkers) pojokan di Mt. Emily Rd.

Tips : tentang direktori hawkers/foodcourt/restaurant halal di Singapura bisa dilihat di http://www.singaporehalaldirectory.com/ Tapi karena perubahan yang dinamis banget, perlu dicek lagi. Salah satu tanda mudah adalah stiker gede halal keluaran MUIS –MUI-nya Singapura di depan warungnya.


Di lantai 3 terdapat ruang komuniti, yakni tempat buat nonton TV (Veg-Out), main games atau chilled out baca-baca (Time-Out). Ada juga ruang komputer (Log-Out) untuk free akses sejumlah 8 biji, plus teh dan kopi gratis setiap saat. Harga yang saya bayar ternyata udah termasuk breakfast. Walau disebut sederhana, tetapi disajikan dengan profesionalisme. Ini karena di lantai dasar Hangouts terdapat restoran kontemporer Wild Rocket yang kecil dan anggun. Pagi hari disinilah disuguhi breakfast yang lumayan ngisi perut sebelum jalan.

Kamar saya sih sederhana aja. Ngga ada teve (yipey..), yang penting kamar mandi & sprei bersih. Letaknya juga dipojok hingga mendapat view ke depan. Salah satu kelemahan hotel murah di Singapura adalah pemandangan. Ada beberapa yang malah ngga ada jendela atau dikasih kecil aja.

Seperti hostel lain. Hangouts juga menawarkan shuttle ke Airport (S$10 dengan jadwal 4X sehari) ataupun diskon tiket ke tempat wisata seperti Singapore Flyer atau Zoo atau Night Safari. Mayan loh…

Buat lebih meyakinkan, Hangouts pernah mendapatkan penghargaan sebagai Best Accomodation Standard th 2005 dan 2006. Well, jangan terlalu berharap jadi seperti hotel kelas wahid yah, tapi buat skala saya cukup terjangkau di tengah belantara mahalnya akomodasi di negeri singa.

Recaps :
Hangout@Mt. Emily
10 A Upper Wilkie Road, Singapore, Singapore 228119
Phone +65 6438 5588
Fax +65 6339 6008
S$113 (inc tax & breakfast, for 3people, rooms)

MRT terdekat : Little India (jalur ungu), koneksi langsung dengan Harbour Front (pelabuhan ferry dari Batam)
Booking via website langsung, atau di Agoda atau Hostelworld. Note : tidak ada link untuk booking lewat HI


Pro :
  • cocok buat keluarga dan anak-anak.
  • untuk yang belum pernah di asrama atau dorm.
  • relatif murah, jika dipukul rata masing2 bayar S$30-40 perkepala per malam dengan makan pagi.
  • bersih, terawat dan kamar mandi private.
  • akses foodcourt dan MRT cukup dekat.
  • wi-fi dan free akses, diskon tiket, locker.


Cons :
  • letaknya sedikit terpencil, perlu ke jalan besar untuk ngeplang taksi klo ngga mau charge booking S$2.5
  • lagi ada konstruksi di samping dan belakang.
  • sedikit ribet klo pesan langsung via website.
  • atmosphere backpacker kurang kerasa karena ngga ada ruang masak.

Comments