Nonton Keledai Vs Gajah (Mencoba Debat Interaktif)



Duduk menikmati debat terakhir sebelum pemilu USA tiga minggu lagi, saya bolak-balik mencet tombol channel teve. Pilihan saya hanya dua, yakni CNN dan Current TV. Keduanya menampilkan system interaktivitas yang berbeda.

CNN walau terlihat keperpihakkannya pada Obama dengan split view kandidat membuat saya bisa melihat bahasa tubuh masing-masing. Juga di sebuah tempat yang dirahasiakan, CNN menghimpun 480 calon pemilih dibekali sebuah alat yang memberikan reaksi spontan atas program2 yang ditampilkan kandidat.

Rapid response ini sengaja diberikan pada pemilih yang masih ragu. Terutama pada negara negara tangguh dengan beda suara yang tipis (3% point) seperti Ohio dan Florida. Pada debat ketiga ini sepertinya pilihan kota New York menunjukkan akar problem Amerika saat ini. Ekonomi.

Current TV adalah bentuk baru interaktivitas melalui komentar Twitter. Saya nonton di channel 107 lewat Comcast. Bentuknya sama, tapi dibagian bawah ada streaming komentar pemirsa. Twitter menamakannya Hack The Debate, mengawinkan antara teve dan internet. Masalahnya walaupun teve saya juga diset home media, tapi akses ke Twitter harus dilakukan diluar teve. Tadinya saya kira bisa make satu layar –satu comcast satu firefox. Apakah bisa dengan IM laen atau feed lewat hape? Nah ini yang belum dicoba. Menurut saya sih jadi ngga ada bedanya sama interactive yang sudah ada walau lebih bersifat chat atau kirim video music.

Pengalaman dengan Current TV ini adalah distraksi yang cukup mengganggu. Masalahnya saya jadi baca komen daripada konsentrasi pada debat. Isu penting seperti health care jadi ketimpuk komen soal Joe si tukang pipa yang dibahas dalam masalah pajak untuk small business. Dalam hal ini Twitter jadi membuat saya tidak fokus.

Nonton kedua tipe interaktifitas ini menarik. Tidak ada yang baru untuk CNN karena sudah berjalan sejak 1992. Hanya saja demografik cuma menunjukkan gender, mungkin demi menyederhanakan tampilan. Isu seperti aborsi, health care dan uang mungkin paling menarik bagi perempuan, sedangkan laki2 lebih mengomentari masalah keamanan (keterlibatan Obama dengan domestik teroris Ayers), atau politik luar negeri. Dari data CNN bisa dilihat masalah mana yang menjadi pokok perhatian pemilih.

Dari ketiga debat, yang terakhir ini terlihat berhati-hati. Saya berikan pujian pada moderator Bob Schieffer. Nah kenapa democrat diasosiasikan keledai dan republican adalah gajah? Well, itu karena kekuatan kartun. Ah tentu saja bukan si Donkey-nya Shrek.

.

Comments