Airasia diskon 90% & Ryanair dengan 5 juta kursi Eropa


Airasia mulai 15 September menjual murah tiket hingga 90% diskon dari terminal penerbangannya di Malaysia (Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Kutching, Johor), Thailand (Bangkok) dan Indonesia (Jakarta & Bali)

Simulasi harga :

  • RM0.9sen (tarip blun termasuk airport tax, fuel surcharges dan fee, plus harga ini untuk one way ajah) adalah tarip yang dijual untuk jalur KL-Sing atau ke destinasi di Malaysia laennya seperti Langkawi, Penang, Kuala Trengganu.
  • RM 9.0 dijual untuk destinasi Kutching, Miri, KK, Labuan atau Sibu.
  • RM9.00 dijual untuk jalur Jakarta (atau Bangkok) ke Krabi atau Phuket.
  • RM49.00 untuk Makassar, Manado, Jogja, Surabaya, Solo dan Bandung (termasuk destinasi Asia lainnya di Vietnam, Cambodia dan China)

Booking dimulai 15-28 September 2008 untuk travel antara 6 January-31 July 2009 (hanya berlaku untuk booking online).

Sumber : AirAsia Press Release

******

Ryanair, penerbangan budget di Eropa melancarkan kampanye 5juta kursi untuk travel Oktober dan November cuman €5 (one way) pada jalur Irlandia (Dublin, Cork, Derry) ke negara Eropa lainnya. Booking hanya bisa dilakukan online hingga Minggu malam (21 September 2008 GMT) untuk destinasi di England, Scotland, Paris, Venice, Liverpool atau Frankfurt.

Ryanair, yang bermarkas di Irlandia ini menjadi pioner budget flight semenjak booming awal 2000. Saat ini masih menjadi perusahaan yang paling banyak melayani penumpang dengan destinasi yang tersebar di Eropa dari negara Inggris hingga Lithuania dan Slovakia.

Simulasi harga (all in Euro) :
  • Dublin - Merseille €5.00 (baliknya €26.49)
  • Dublin - Milan €5.00 (baliknya €37.47)

Website : http://www.ryanair.com/

******

Ambar comments :

Untuk budget airlines di Eropa dan Asia sedikit berbeda dalam hal jualan dan praktiknya. Untuk Asia, biasanya dijual free seat walau dalam kenyataannya enggak juga karena harga plus plus dengan tax, fuel dan fees. Sedangkan Eropa menerapkan larangan menjual "free seat" seperti Airasia ini. Jadinya mereka menjual murah harga oneway tapi untuk kembali (inbound) harganya jadi mayan.

Dalam hal ini trik-nya adalah beli one way lebih murah daripada beli return. Untuk Asia, budget flight one way dan return harganya bisa identical, atau selisihnya ngga banyak. Sedangkan di Eropa harga outbound (keluar) dan inbound (balik), selisihnya bisa lumayan gede (mencapai 400-500%). Triks lain adalah ambil moda transport lain kalau balik. Misalnya bis (Eurolines) atau kereta. Jadi ambil rute terjauh pulang diirit-irit pake bis sekalian mampir mana-mana he he he...

Happy hunting yaks...

Comments