Iklan "Tiket Gratis" akan dilarang di Malaysia?

Dulu saya sempat melotot melihat tawaran budget penerbangan Ryanair £1 atau sekitar 15 ribu rupiah. Eh setelah ditambah macem2 kena juga £89. Ternyata memang di Eropa praktik jualan "tiket gratis" ini memang ngga boleh. Tapi tetep aja dijual dengan harga yang silly asal enggak zero itu tadi. Trus kenapa Malaysia? ehm...siapa sih maskapai yang sering jualan tiket ini?

Himbauan meninjau kembali iklan maskapai yang menjual 'zero fare' atau tiket gratis karena menyesatkan dan sudah saatnya untuk dilarang, disampaikan oleh Asosiasi Tour dan Travel Malaysia (Matta).
"Tidak ada yang namanya tiket gratis. Ini berarti konsumen seharusnya tidak membayar apapun tapi nyatanya kemudian dikenakan ratusan ringgit fee". Presiden Matta Ngiam Foon menuturkan lebih lanjut bahwa praktik advertasing seperti ini dianggap melanggar hukum di New Zealand, Australia dan Eropa. Negara2 tersebut meminta iklan menyebutkan biaya pajak, tambahan biaya (charges), surcharges dan biaya fee pada tawaran iklan yang dijual pada masyarakat. Saat ini biaya2 tadi tidak dimasukkan dalam harga tiket dan apa yang disebut "tiket gratis" ternyata tersedia terbatas. The Star Malaysia, July 28

Comments