Tea Time!

Pembaca buku Enid Blyton pasti teringat seri Sapta Siaga (Secret Seven) atau Lima Sekawan (The Famous Five). Ngga tau kenapa kayaknya Dorset ini mewakili landscape seperti di cerita ibu Blyton itu. Ada pantai, ada farm, ada pulau tersembunyi, ada pelabuhan, pokoknya kalau jalan2 sekitar sini weh rasanya seperti Georgina lagi kejar2an sama Timmy he he he....

Saya jadi inget ginger beer atau tea time yang disebut-sebut ibu Blyton. Ternyata memang di tradisi minum teh masih terasa disini, terlebih daerah Devon, Somerset, dan Corwall (pantai selatan Inggris). Biasanya acara minum teh itu sekitar pukul 3-5 sore disuguhkan seperti hidangan snack. Yang unik adalah disebut Cream Tea atau teh yang disambi dengan makan kue scones yang ada selai strawberry dan cream yang kental.

Warung yang menjual cream tea ini disebut Teashop. Suasananya yah seperti cafe tapi penuh pernak-pernik victorian. Dimana nemuin Teashop ini? nah ini biasanya ya di ndesonya inggris. Kok di kampung? iyah soalnya makin segar bahannya makin okeh jadinya. Juga makin otentik (home made) makin dicari. Ini loh yang disajikan untuk Cream Tea :

English Tea
Biarpun namanya english tea tapi aslinya sih teh berasal dari India (Assam, Darjeeling). Tehnya kental (black tea) dengan susu skim segar sebagai campuran. Enggak pake gula. Disajikan dengan poci plus satu wadah untuk air panas sebagai rendaman selanjutnya.



Scones
Scone ini terbuat dari tepung dengan mentega kemudian dipanggang. Rasanya plain atau polosan. Untuk kualitas scones yang bagus adalah fresh from the oven. Jadi masih anget2 gitu. Bentuknya juga ngga musti indah. Yang penting bisa dibelah dan tidak terlalu 'crumbly' atau gampang ambyar.

Selai Strwaberry
Secara tradisional selai yang dipakai adalah starwberry karena manis. Jenis yang lain misalnya raspberry (sama2 merah tapi lebih kecut) juga boleh. Selai yang top kualitas adalah bikinan sendiri tanpa bahan pengawet buatan. Pokoknya kerasa manis di lidah dengan tekstur buah strawberry yang lembut.

Clotted Cream (cream padat)
Cream yang dimaksud adalah cream yang sudah dihilangkan kandungan airnya. Hasil terbagus adalah cream dari susu dibiarkan dalam oven suhu rendah minimum 2 jam dengan memakai Oven dari Aga. Jadi cream itu betul2 konsentrasi lemak hingga mencapai 60%.

Cara minum dan makan :
1.Membuat teh adalah dengan memberi susu di cangkir lantas dituang teh hitam. Kalau mau lebih kental tunggu dulu sekitar 3-4 menit baru dicampur susu. Aduk.

2. Belah scones dengan pisau. Kemudian diberi margarine atau mentega (ini khusus daerah Cornwall saja). Nah lantas scones diberi selai kemudian diusap atasnya dengan cream. Lantas ditangkupkan kembali.

3. Nikmati dengan teh sambil ngobrol sana sini.

Untuk seporsi hidangan cream tea di teashop ini berkisar antara £3.50 hingga £4.75 tergantung lokasi. Nah yang saya nikmati ini di Upwey Wishing Well setelah jalan kaki 10 miles (16km) melintasi pedesaan Dorset diterpa angin dan suhu dingin. Secangkir teh dan scones lumayan bikin tenaga pulih lagi !

ps : untuk resepnya diklik aja yah.






Comments