Living with Volcanoes : NG January 2008


Ada kejutan menarik sesampai saya di Weymouth. Seseorang membelikan National Georaphic terbaru dengan headline Indonesia's Ring of Fire : Volcanoes Gods. Kali ini NG meliput jejeran pegunungan membentang dari Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, hingga kawasan Timor. Dari sisi sejarah, anthroplogy, religious, culture, ideology dan politics. Bahkan lumpur Lapindo ditampilkan dengan graphics menarik (saya masih ingat grafik Tempo yang sederhana).

Setahun lalu saya baca versi New Scientist tentang Lumpur Lapindo (ah ternyata namanya Lusi..cantiknya). Penjelasan dan latar belakang tehnologi lebih lengkap disana. Tapi versi NG ini cukuplah mewakili salah satu konsekuensi hidup diantara gunung berapi.

Versi online bisa dibaca disini yang lebih lengkap, terutama Onfield Notes dari sang photografer John Stanmeyer dan Tambora Photo Gallery (ah jadi inget A Year Without Summer sebutan di Eropa ketika Tambora meletus menyebabkan gas sulphuric acid menghalangi sinar matahari). Saya acung jempol untuk foto aerial Bromo-Semeru dan Merapi. Sangat cantik. Sedang lainnya dipilih untuk mewakili artikel seperti upacara Melasti dan Kasada.

Oh apa hubungannya Mbah Maridjan dengan Jusuf Kalla? Baca aja deh.

Comments