Menahan diri untuk tidak beli iPod


Benar sodara2 saya ini pemakai Mac tapi tidak punya iPod. Lha kok ndeso banget gituh...Alasan saya banyak sekali. Yang pasti bukan karena kutak cinta. Namun ada beberapa prinsip mendasar. Salah satunya adalah tentang hak cipta dan lubuk hati terdalam melawan monopoli. Halah...idealis banget.

Tau kan kalau iPod navigasi sistem menjiplak habis2an mp3 player-nya Creative-sebuah perusahaan kecil didirikan pebisnis dari Taiwan Sim Wong Hoo dan bermarkas di Singapura. Walaupun sekarang kasus ini sudah dianggap selesai lewat peradilan tapi 'battleground' itu belum rampung. Terlebih karena win-win solution yang ditawarkan agak absurd menurut saya.

Godaan iPod ini sangat besar karena marketing yang bertubi-tubi. Belum edisi RED iPod yang diperuntukkan untuk nyumbang penderita AIDS, free glazed untuk memberi kesan personal, iPod untuk jogging kerja bareng dengan Nike, edisi warna-warni shuffle de el el.

Dibalik itu ada sesuatu yang tersembunyi. Ternyata Apple memang menginginkan konsumennya terkait dengan software iTunes untuk membeli download lagu di iPod. Parahnya lagi lagu2 di iTunes ini dikunci DRM atau Digital Right Management khusus yang disebutnya FairPlay (ironis yah...) Gampangnya ginih : hasil download via iTunes enggak bisa diputer di mp3 player selain iPod!

Saat ini negara2 Eropa sedang menyiapkan tuntutan hukum kepada Apple untuk membuat lagu yang didunlud lewat iTunes bisa diputar di mp3 apapun. Ini didasari bahwa iTunes memonopoli pemasaran dunlud tanpa memberi kesempatan kompetisi yang fair dengan penyedia jasa lain. Pernyataan boss Apple Steve Jobs beberapa hari lalu yang menginginkan perusahaan rekaman membuka DRM sepertinya kok hanya 'mengalihkan perhatian'

Yang esensi disini adalah : sebagai penyedia jasa iTunes (ie menulis program) maka Apple bisa saja membuat lagu2 disana dimainkan dengan mp3 player manapun. Kecurigaan saya yang terbesar adalah Steve Jobs tidak mau meninggalkan revenue yang besar dari penjualan hardware iPod.

Kasus iTunes dan iPod ini membuat saya enggak tertarik beli. Lha wong yang murah aja banyak kok dan lebih tahan banting ketimbang iPod. Kalau dibilang saya ini bukan pemakai Mac yang loyal yah emang. Yang penting mendapat produk yang setara dengan kegunaan tanpa keluar ekstra. Saya sekarang hanya memakai iRiver yang sekaligus buat sound recorder dan mendengarkan Stephen Fry membacakan buku Harry Potter.

Comments