Discovery Channel : Everest Beyond the Limit Website


Semalam saya nonton acara premier di Discovery Channel (DC) tentang Everest Beyond the Limit. Ada 6 episodes yang nantinya bisa dinikmati. Rombongan DC menggunakan jasa Himalayan Expedition pimpinan Russel Brice dari New Zealand. Ada enam climber salah satunya adalah Mark Inglish (NZ) yang diamputasi kedua kakinya serta Mogen Jensen (Denmark) pendaki penderita asma.

Sebenarnya yang seru adalah website resmi yang sudah mulai diakses beberapa minggu sebelumnya. Ada video tentang anggota tim, ada juga webisode yakni seri video yang ngg ada di seri tv-nya. Ini rasanya cukup menghibur di luar US yang ingin mengintip duluan. Disana ada tentang bagaimana keadaan di basecamp, urusan toilet dan gimana si Mark Inglish ini mendaki dengan kaki palsunya itu.


Hari ini saya akses kembali website tadi dan banyak sekali tambahan. Diantaranya adalah :

  • Crew Diaries : cukup membantu terutama pengalaman memfilmkan Everest dengan kondisi yang sulit
  • Interactive Maps : bukan hanya peta dua dimensi namun juga titik2 penting berisi informasi sejarah Everest. Peta 2D terdiri dari dua route yakni North Side (lengkap dengan video tour) dan South Side (teks informatif).
  • Games Razor Edge : ini menurut saya yang paling asyik. Untuk ambil bagian harus daftar dulu dengan Discovery ID dan joint dengan tim ekspedisi yang diset-up oleh orang lain atau bikin sendiri. Kayaknya klo solo climbing ngg boleh tuh...
Games ini harus melewati Khumbu Ice Falls -di dalam real life ini sebenarnya paling banyak memakan korban. Games dibuat seperti ice mazed dan tiap climber dibekali tangga. Ohya karena ini kerja tim maka nilai berdasar anggota yang paling lambat. Tahap berikutnya adalah menjawab pertanyaan2 random multiple choices berisi pengetahuan tentang Everest.
He he he ....saya cuma sampai Camp IV menjelang deathzone sebelum menyerah karena hanya 1 climber yang boleh terus.


Menariknya di Games Razor Edge banyak sekali pengetahuan yang bisa didapatkan. Seperti peta, gear mendaki, tehnologi komunikasi, peraturan mendaki dari pemerintah Nepal, kesehatan terutama berkaitan dengan penyakit2 yang terjadi di high altitude. Yang terakhir malah dibuat seperti radio komunikasi antara dokter dan pasien. Bahkan ada cerita tentang yeti -mahluk berbulu yang sempat diambil foto jejaknya oleh Sir Edmund Hilary.

Jangan lupa ke bagian Video di Gear and Guide karena didalamnya terdapat 3D map yang menunjukkan rute Everest berikut narasi. Ok silakan coba...sapa tau bisa mencapai summit. Gut lak !

Comments