Backpacking Bersama John Muir (Yosemite 1)




Everybody needs beauty as well as bread, places to play in and pray in, where nature may heal and give strength to body and soul. -John Muir

Gagal ke Yosemite (baca : Yo-se-mi-ti) bulan Oktober lalu memaksa harus usaha sendiri. Untuk mendapatkan akomodasi di dalam National Park sendiri sudah kepayahan, terlebih kami ini ngg bawa peralatan kemping. Satu hal lagi adalah suhu sudah mencapai zero saat ini, jadi rasanya klo kemah di luar mungkin enggak bijaksana...hiks alias engg nyaman. Kami sempat ditawari tenda kanvas tanpa penghangat. Weksss....kulit kayak begini mana mau berdingin-dingin.

Akhirnya dapat juga di Apple Tree Fish Camp tak jauh dari pintu gerbang Nat Park sebelah Selatan atau Highway 41 atau sekitar 22miles dari Valley. Maka hari Kamis pagi (23 Nov) pukul 7am sudah meninggalkan Sunnyvale. Seperti biasa tugas saya adalah navigator dengan segepok peta manual di tangan. He he he jangan berharap ada gps disini....atau internet.

Day 1, Thursday 23rd Nov 2006


Ada beberapa hal yang ingin saya uji coba di udara dingin Yosemite. Salah satunya adalah under-layer dan down jacket. Saya mencoba Sugoi base layer dan silk REI untuk celana. Sugoi top ini warna hitam dan betul2 nempel di bodi...(baru kerasa bahwa saya tambah ndut selama Sunnyvale). Sedang base layer sutra karena memang lagi diskonan....Sedang down jacket karena memang saya ini rentan dingin. Biarlah warnanya biru tarquiose, genit sekali dah... Down jacket ini biasa dibuat dari bulu angsa atau binatang air lain. Biasanya yang keliatan gelembung gede tapi enteng sekali. Maka saya akan seperti pisang goreng. Lemu ginuk-ginuk...

Kami lewat Highway 101 trus menuju Highway 152 melewati perbukitan yang asyik. Disana-sini adalah ladang buah dalam skala besar. Ada pear, apel atau anggur. Tapi di musim begini daunnya mengering dan saatnya memotong cabang hingga siap untuk berbuah tahun depan. Sudah disepakati bahwa hari ini kami langsung ke Nat Park lewat pintu utama. Bayar dengan $20 per kendaraan sudah termasuk peta, buku guide kecil, kartu pos dan leaflet untuk keluar masuk selama 7 hari. Kalau mau ngirit lebih baik beli $50 untuk akses Taman Nasional di North America selama setahun !



Yosemite sebenarnya adalah lembah yang tercipta karena glesier yang mencair. Batuan monolith seperti El Capitan yang mempunyai tubuh mulus itu karena pergerakan air ketika aliran sungai hasil pencairan es. Saat ini sungai2 yang mengalir di lembah ini airnya bersumber dari salju di puncak pegunungan. Ditetapkan sebagai Taman Nasional semenjak 1890 ini adalah tempat paling terkenal untuk memotret. Yang terkenal adalah Ansel Adams dengan seri hitam putihnya.

Begitu sampai di lembah kami berhenti di sebuah tempat bersejarah. Iyah ini adalah tempat kemping Presiden Theodore Roosevelt dengan John Muir pada 17 Mei 1093. Sambil duduk didepan api unggun yang hangat kedua orang eksplorer ini saling berbagi visi tentang kekayaan alam amerika dan bagaimana menjaganya. Muir mengantar Pak Presiden ini backpacking di Yosemite yang waktu itu masih liar. Hasilnya : kita masih bisa menikmati kecantikannya.

Capek hampir 4 jam nyetir kami hanya ke Lower Yosemite Falls atau air terjun Yosemiti Bawah. Cuma jalan kaki 5 menit juga nyampai, tapi untuk mencapai air terjunnya harus melewati bebatuan di sungai. Asyik banget main lompat dan panjat. Sedang view El Capitan -batu paling dipuja oleh para rock climbers dunia terlihat gagah disampingnya. Ohya untuk musim dingin begini air terjun tidak dalam tampilan terbaiknya. Kalau ingin melihat datang saja musim semi ketika salju mulai meleleh dan memenuhi sungai. Di sebelah timur adalah Bridalveil Fall -air terjun yang menjadi landmark untuk tiap foto.

Namanya Lower pasti ada Upper Falls. Iyah bener..dan itu yang akan kami daki selanjutnya. Setinggi 3,000ft vertikal keatas melewati jalan zigzag hingga puncak air terjun dan Yosemite points. Lepas gelap kami mencari Apple Tree menyiapkan long trekking esok hari.

Comments