Wanita-wanita Gunung Yang Perkasa


Sudah beberapa kali saya mencoba membuat diary dengan audio setiap kali melakukan perjalanan. Ternyata dalam situasi yang ekstrem dimana kertas dan pena sangat sulit maka audio adalah media yang paling pas. Ketika saya mendengar bahwa tape recorder Julie Tullis -pendaki wanita dari UK pertama yang menaklukan K2 ditemukan setahun lalu saya serta merta penasaran ingin mendengar. Saat itu saya denger lewat program BBC Radio 4 : It's My Story yang disiarkan 27 October 2006 bersama dengan upaya keluarga Tullis untuk menelusuri kembali jejak ibu dan nenek mereka yang hilang duapuluh tahun lalu.

Yang menakjubkan adalah kualitas rekaman yang bening dan tidak rusak yang menunjukkan catatan terakhir sebelum Julie Tullis menghilang. Seperti halnya rekan pendaki British Alison Hargreaves, kedua wanita ini adalah seorang ibu dan wanita rumah tangga. Julie memulai karir ketika kedua anaknya menginjak remaja. Alison bahkan membuat dunia climbing tergetar karena keberaniannya memanjat di bagian rute sulit North Face Mt Eiger ketika sedang hamil 5 bulan ! Seperti Julie, Alison juga hilang di K2 diterjang angin kencang begitu turun dari puncak.



Cerita mereka saya baca di buku Savage Mountain : The Life and Death of the First Women of K2 oleh Jennifer Jordan memberikan wacana bagaimana kecintaan perempuan-perempuan ini terhadap gunung. Seperti yang diketahui K2 adalah gunung paling ditakuti karena memerlukan kemampuan teknis diatas rata-rata. Terjun ke arena mountaineering yang sepenuhnya "male-centered" adalah sebuah tanggung jawab logis. Yang pasti mereka mempunyai semangat untuk membuktikan bahwa gunung bukanlah monopoli laki-laki. Buku Alison yang berjudul A Hard Day's Summer adalah buku catatan kecil tentang keberhasilannya menaklukan semua puncak Alps dalam satu musim. Sebuah prestasi yang belum bisa disamai oleh rekan climber yang lain. Dan yang mengharukan dalam pendakian itu ia membawa kedua anaknya untuk menikmati keindahan Alps ketika sang ibu sibuk memanjat.

Sayang sekali Alison tidak meninggalkan diary suara seperti halnya Tullis. Ia lebih suka mencatat dalam lembar kertas yang sungguh sangat susah untuk dijaga. Anyway sebagai wanita mereka patut dikenang.

In memorium of K2:
  • Wanda Rutkiewicz (born 1943) Polish. Summited 1986. Died on Kangchenjunga in 1992.
  • Liliane Barrard (born 1948) French. Summited 1986. Died while descending.
  • Julie Tullis (born 1939) British. Summited 1986. Died while descending.
  • Chantal Mauduit (born 1964) French. Summited 1992. Died on Dhaulagiri in 1998.
  • Alison Hargreaves (born 1962) British. Summited 1995. Died while descending.

Comments