Interview Trijaya FM - Indobackpacker


Ini adalah interview kedua saya melalui telpon dengan stasiun radio. Pertama kali adalah dengan BBC Five Live tentang gempa bumi di Jogjakarta. Waktu itu sang produser kontak saya dengan nomor hp dan memberikan gambaran pertanyaan yang akan diajukan. Saya muncul di berita pukul 8 malam dibagian Indepth News atau sesi setelah headlines.

Beberapa menit kemudian mereka menelpon saya melalui landline dan interview sekitar 10menit yang bisa didengar disini. Saya berhasil merekam interview itu dengan menggunakan Audio Hijack karena BBC Radio umumnya bisa dinikmati via audio streaming di internet. Saya tidak banyak merubah format file dan membuat bentuk mp3 yang saya upload sesuai dengan original wawancara.

Bedanya dengan Trijaya FM adalah walau sama2 menggunakan telpon namun Trijaya tidak mempunyai audio streaming sehingga saya akhirnya merekam dengan Olympus voice recorder. Kesulitan timbul ketika Trijaya menelpon melalui hp bukannya landline sehingga tiap kali voice recorder itu didekatkan akan terdengar suara buzzing yang menganggu.

Akhirnya saya meletakkan voice recorder di meja dan interview dilakukan sembari berteriak. Trijaya mengatakan suara saya terlalu kecil sehingga memaksa saya menaikkan volume suara. Hasil rekaman memang tidak terlalu bagus karena ruang dan kualitas suara yang standar. Olympus juga merekam dalam bentuk .wma sehingga saya harus merubah format ke mp3 dengan EasyWMA. Saya berpikir untuk merubah menjadi sebuah podcasting mungkin jadi lebih menarik.

Interview dilakukan hari Sabtu 2 September 2006 pkl 1216 WIB atau 0616 GMT (waktu Weymouth) berlangsung sekitar 10 menit dengan beberapa pembukaan basa-basi seperti menanyakan cuaca dll. Sayangnya produser kurang menjelaskan tentang tema yang akan dibicarakan. Juga bentuk acara adalah berupa talkshow dengan dua penyiar. Susah sekali konsentrasi menjawab pertanyaan dari dua orang !! Akhirnya podcasting saya buat seperti acara radio dengan saya sebagai penanya dan penjawab. Dalam interview itu saya membagi percakapan dalam beberapa chapter : yakni sejarah backpacking, awal saya backpacking, perbedaan antara Asia dan Eropa, serta siapa sih para backpacker itu.

Saya menggunakan GarageBand untuk membuat podcasting ditambah bantuan Soundtrack Pro untuk memperbaiki latar. Ada tambahan fitur untuk podcasting ini yakni adanya chapter dengan menggunakan photos dan links URL untuk foto yang ditampilkan berdasar percakapan yang berlangsung.

Hasilnya seperti dibawah ini dengan bentuk file.m4a yang merupakan standar podcasting iTunes saat ini. Jika anda download file ini dan membuka di iTunes maka tampilan chapter dan foto akan keluar. Saya juga mengamati Firefox tidak memberi option untuk download .m4a tapi cobalah pakai Safari atau browser net yang lain.

Original File bisa didownload di Multiply 6.5 MB.

Comments