Kemping kok di London (part 1a)

Iyah ini pertanyaan yang diajukan seorang kawan. Percaya boleh tidak ini adalah alternatif murah untuk akomodasi di London. Inggris saat ini masih termahal untuk biaya penginapan biarpun itu sekelas B&B (bed n breakfast) atau klas melati ala backpacker. Paling tidak perkepala dihitung 15-40pounds.

Dengan kemping bisa menghemat biaya hingga 30-50%. Untuk lokasi2 kemping di negara2 EU jalinan per-kempingan ini udah tertata bagus. Sarana untuk kemping pun lengkap termasuk shower, listrik, air minum dll.

Catatan : kemping begini hanya nyaman di musim panas (Juni-Agustus) karena setelah itu cuaca tidak memungkinkan. Berikut tips :

1. booking dulu via email atau telepon. Ada beberapa lokasi silakan
liat di http://www.londonnet.co.uk/ln/guide/accomm/budget_camp.html
Kalau bisa booking jauh2 hari, soalnya rame. Untung ada Piala Dunia jadi minggu lalu ngg terlalu penuh.

2. Bawa peralatan kemping spt biasa : terutama untuk masak dan jalan. Kalau bisa ada makanan bawa aja, karena semua produk amat mahal disana.

3. Kalau ada kendaraan (biar pinjaman) bawa aja untuk memudahkan bawa barang2. Campsite memperbolehkan kendaraan masuk lokasi.

4. Tarip dihitung per kepala per hari, tapi bisa dapet diskon klo nginep seminggu. Tanyain aja penawarannya.

5. Sebagian besar lokasi kemping sekitar 20menit ngebis atau kereta
(Tube -kereta underground), jadi pelajari alternatif transportasi selama disana. Paling murah adalah ngebis (pilih beli kartu bis untuk seminggu). Saya perhatikan London mempunyai sistem ticketing yang memusingkan. Jadi pilih aja ngebis lebih nyaman kok.

6. Nah untuk hemat lagi pergi ke lokasi2 menarik di London yang ngg bayar alias FREE seperti Museum (British Museum, Natural History Museum, Science Museum), Taman (Regent, Hyde, St James Parks), Cathedral (St Paul) dan Istana (Buckingham -tapi cuma sampe pintu depan aja).

7. Siapkan peta (gratis dimana-mana) dan fisik karena obyek2 menarik tadi lebih asyik ditelusuri dengan jalan kaki.

8. Untuk lebih hemat lagi : bawa makanan dari rumah, jangan beli di resto atau cafe. Makan di tempat terbuka bukan aib disana. Cuek ajah.

Comments