TN Ujung Kulon Boat Trekking (5 end) : Turis kere...


Yah betul, saya ini turis sandal jepit alias kere. Dan saya bangga dengan itu. Saya sering jalan ke tempat dimana mungkin tak banyak orang bersedia. Tuntutan untuk meninggalkan 'comfort' adalah mungkin paling berat. Ujung Kulon adalah tempat indah yang tersembunyi jauh dari sinyal mobilephone juga sebuah persinggahan untuk merenungkan banyak hal.

Salah satu yang mengganggu saya adalah tentang pengelolaan National Park. Asal diketahui TN Ujung Kulon adalah favorite bagi backpackers luarnegeri. Sayangnya manajement dilapangan sangat susah. Turis memang disuruh bayar di pintu utama tapi kurang kontrol di pulau-pulau sekitarnya. Kasus P Panaitan misalnya adalah contoh nyata lemahnya pengawasan tingkat bawah dan menengah. Apalagi Ujung Kulon adalah salah satu World Heritage UNESCO yang sebenarnya punya daya jual amat tinggi. Tahukah anda bahwa kita punya 7 World Heritage Site dibandingkan dengan Malaysia yang hanya mempunyai 2 buah (Mulu Serawak dan Kinabalu Sabah). Sesungguhnya Indonesia punya potensi sangat besar untuk mengembangkannya. Kalau saja saya menteri Kehutanan dan Pariwisata....hiks

Total perjalanan kemarin dengan Pak Komar saya membayar 400ribu termasuk bahan bakar dll, sedang transport dari Jakarta sekitar 4rebu+25rebu+10rebu, jadi dibawah 50rebu untuk transport. Sedang makanan sudah ditanggung dengan akomodasi di penginapan Sundajaya (50rebu perhari). Saya menikmati jalan tipe kere ini karena saya tahu uang yang saya berikan akan jatuh langsung ke nelayan, porter dan masyarakat setempat. Saya juga bisa dekat dengan mereka, berbagi cerita dan tertawa bersama. Sebuah kebahagiaan yang tidak bisa dibayar dengan apapun. Dan terakhir : saya bisa pulang membawa hasil foto2 keindahan Ujung Kulon yang akan saya gunakan untuk promosi tempat ini.

Yang pasti saya akan kembali, terutama melunasi keinginan untuk mendaki Krakatau. Sebuah geologi site paling terkenal di dunia. Someday......

Update 12/05/2006 : Pukul 15.16 WIB di selat Sunda terjadi gempa bumi 5.6 Reichter dengan pusat gempa 30km dari Lampung.

Footnote :
  • sandal (n) : a shoe consisting of a sole fastened by straps to the foot (by wiki)
  • tourists (n) : are persons who are "travelling to and staying in places outside their usual environment for not more than one consecutive year for leisure (by wiki)
  • kere (adj) : is originally from central javanese languange (basa jawa) refer to people who living in rough and poor condition. Also stand to the lowest caste in Javanese's social structure (by ambar)

Comments