Indochina Itinerary



Minggu depan kami akan memulai jalan2 Indochina (North Thailand-Laos-Vietnam). Dimulai hari Jumat 23 Dec dan berakhir 5 Januari. Semua rute ini adalah gambaran kasar, jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Thailand
23/12 Singapore - Chiang Mai (evening)
Prepare for hill trekking and rafting trip for the next day
Night City sighting
stay overnight at Chiang Mai guesthouse
24/12 Trekking/Rafting Pick up by tour operator
25/12 Trekking/Rafting
26/12 Trekking/Rafting stay overnight at Chiang Do

Laos
27/12 Travel Mekong River cross the border via Chiang Rai
28/12 Travel Mekong River via Houayxai
29/12 Travel Mekong River
30/12 City Tour of Louang Phrabang
31/12 Travel to Vientiene via land, pop in Vang Vieng
1/01 City Tour Viantiene

Vietnam
02/01 Flight from Vientiene to Hanoi
Travel to Ha Long City 3hrs with bus
Stay overnight at Ha Long City
03/01 Ha Long Bay , Stay overnight on the boat
04/01 Ha Long Bay, Stay at guesthouse Ha Long or back to Hanoi
05/01 City Tour (day) Back to Singapore (evening)

Untuk menuju Laos border melalui Houayxai satu2nya transport adalah dengan kapal. Pilihannya adalah slowboat (2D/1N) dan speedboat (6 hrs). Pilihan ini masih terbuka antara menikmati sungai Mekong atau merasakan riding 70mil/h. Dengan speedboat saya menghemat waktu 2 hari yang bisa saya gunakan menjelajah Louang Phabang.

Juga rute Louang Phabang-Vientiene rasanya lebih asyik dengan bis. Pilihan antara udara dengan Lao Aviation yang mempunyai reputasi buruk membuat pertimbangan jadi lain. Tapi naik bis juga bukan berarti aman. Tidak ada toilet umum di jalan jadi biasanya nge-pee di semak belukar. Sama halnya Cambodia, Laos mengalami masalah dengan ranjau. Jadi kira2 aman mana ya?

Ha Long City tidak begitu mengkhawatirkan saya. Beberapa kawan pernah kesana menunjukkan tempat ini amat menyenangkan. Untuk visa, Vietnam menerapkan bebas 30hari sama halnya dengan negara Asean lainnya. Sedang Laos, saya mengajukan di Kedutaan Laos disini karena pintu masuk Houayxai tidak menerima visa on arrival.

Comments

Anonymous said…
1. Saya sering terbang dengan Lao Aviation, antara BKK-VTN, memakai ATR-72. Selama ini baik baik saja, walau kadang telat 30 menitan. Berita apa yang anda terima yang mencemaskan anda?

2. Ha Long Bay aman kok, saya sudah 2 kali di sana. Tapi daripada menginap di boat yang menyebalkan karena gak bisa ngapa ngapain, mendingan menginap di taman nasional Ca Bai deh. Lagian ini kan musim dingin, mau berdingin-dingin di atas boat?
ambaradventure said…
1. Di Lonely Planet dan Travel Advice FCO dikatakan Lao Aviation adalah perusahaan penerbangan terburuk didunia. Di link yang saya sertakan Airlinequality terdapat pendapat2 sebaliknya.

2. He he dingin kan tambah asyik ...lagian romantis.
Anonymous said…
hi ambar,

aku sudah lama sekali pengin jalan-jalan ke seputar muangthai, laos dan vietnam. jadi, aku sekarang benar-benar menunggu cerita dari ambar berkelana di tiga negara itu. jangan lupa foto-fotonya yang yahud, ya...

thanks and bye


jalansutera.com
Anonymous said…
Met jalan2 ya, bos. Moga2 lancar n bawa banyak foto keren.
Anonymous said…
darn, girl.. I envy you! :)

ntar foto2 dan ceritanya dipost ya.. saya tunggu, kali aja minggu depan saya memutuskan untuk backpacking across asia ^_^ *I wish*