Mt Semeru Trekking Log by Google Earth


Experiment selanjutnya adalah integrasi data GPS dengan Google Earth untuk keperluan outdoor adventure. Data diatas diperoleh dari treking hampir dua tahun yang lalu. Karena peta topography Indonesia susah didapat, memaksa kami membawa GPS untuk jaga-jaga.

Dengan freeware dari GPSUtility data ditransfer dari e-Trex Garmin ke PC. Persoalannya e-Trex tidak memberikan USB connector (untuk produk terakhir Garmin ini sudah dalam bundle-nya). Terpaksa membuat sendiri dengan RS232 (gambar disini).

Edisi free Google Earth tidak mengijinkan integrasi dengan GPS kecuali merelakan US$30 untuk membeli Google Earth Plus. Dengan keterbatasan, data input dengan manual, hasilnya masih kasar. Paling tidak ini bisa untuk rujukan kawan2 yang akan trekking ke Semeru. Next mountain ???

Comments

Anonymous said…
Mount Ciremai, Rinjani (Lombok), Tambora (Flores), Agung (Bali), Kerinci (Sumatra), Jayawijaya (Papua)

:-D
ambaradventure said…
walah...ngga kuat-lah Mas naek gunung sebanyak ini. Abisss badan aku ! Nunggu ajah temen2 yang bersedia membagi info data GPS dan dibuat di Google Earth untuk sharing. Rinjani next, mo nyusul ?
Anonymous said…
coba ke www.navigasi.net mbar, sapa tau aja ada data gps yang cocok bisa dibikinin kayak gitu lagi ;))
Anonymous said…
wah, dah banyak kemajuan ekploitasi GoogleEarth ya :D Untuk GoogleEarth - POI wisata Indonesia versi navnet bisa download dari http://navigasi.net/google/navnet_poi.kmz
Oh, ya, sekalian aja belajar GoogleMap mbak, biar bisa ditempelkan secara stream di situs ini data petanya. Contohnya bisa dilihat dari http://www.navigasi.net/google/
Ngomong-ngomong bisa share kordinat gunung + foto-fotonya buat di pajang di navnet ?
duniadanu said…
Mba, gambar dari google earth boleh ditampilin kaya gini ya? pengen juga nampilin di blog...